Dapatkan Jutaan Rupiah dengan Jual-Beli Bitcoin

Friday 18 August 2017

Destinasi Wisata Yang wajib Kamu Kunjungi di Jepara, Kota Bumi Kartini



Jepara , mungkin diantara kalian asing dengan kota ini. Kota ini dikenal dengan ukir-ukiran kayu yang berkualitas tinggi serta kota dari salah satu ikon pahlawan wanita Indonesia siapa lagi kalau bukan RA. Kartini. Disinilah sang pejuang Wanita lahir dan di besarkan, selain ukiran kayu dan RA. Kartini banyak juga wisata yang wajib untuk dikunjungi bila teman-teman sekalian singgah di kota ini. Penasaran? yuk mari simak


Selain ukir-ukiran yang terkenal bernilai seni tinggi serta gadis-gadis yang cantik dan menawan, ada banyak tempat yang wajib dikunjungi sebagai destinasi wisata teman-teman sekalian. Mari saya coba memberikan beberapa destinasi wisata yang ada di Jepara.

1.       Benteng portugis, Ngembes Putri Cina, Gua Manik Pecatu Park
     
      Kenapa saya menjadikan 1 ketiga obyek wisata tersebut? Karena tempat yang berdekatan. Sebenarnya fokus utama dari ketiga wisata ini adalah pantai.
Di benteng portugis  gerbang masuknya sudah menyajikan sebuah monument dengan tulisan besar dan rapi di atasnya “ Benteng Portugis” dengan meriam di samping kanan dan kirinya yang menguatkan nama dari pantai ini. Tiket masuk di hari biasa Rp 5000 dan di hari libur Rp 10.000. di saat masuk teman-teman sekalian akan di sajikan pemandangan yang menakjubkan.


Mulai dari laut yang membentang, bukit yang lumayan tinggi serta pulau mandalika yang terlihat elok di kejauhan. Dengan menaiki tangga menuju ke puncak bukit teman-teman sekalian akan di sajikan dengan beberapa meriam yang seakan menampakkan zaman penjajahan dahulu selain itu pemandangan laut yang menakjubkan terlihat jelas dari bukit ini.
      Sekitar 50 meter kearah barat teman-teman akan menemui wisata ngembes putri cina di dalamnya terdapat penyewaan atv, pemancingan serta beberapa rumah makan yang menjajakan makanan yang lumayan lezat.
      50 Meter lagi ke barat akan masuk ke kompleks Gua manik pecatu park yang isinya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan benteng portugis. Menyajikan pemandangan laut dan perbukitan.

      Akses jalan menuju tempat wisata ini cukup baik, dari arah pati(Timur)  setelah alun-alun tayu ambil sebelah kanan (arah puncel) sekitar 30 km. dan dari arah Jepara (Barat) Pertigaan sambung oyot ambil arah kiri (arah puncel) sekitar 20 km.

2.       Pantai Bondo


      Pantai dengan pasir putih dan bersih dari sampah merupakan daya terik utama dari pantai bondo. Pantai bondo memiliki banyak sekali spot yang masing-masing memiliki daya terik tersendiri, mulai dari ayunan lampion yang sangat indah di malam hari .
Jika teman-teman ingin menikmati suasana seperti pantai pribadi datanglah selain hari libur, karena pengunjung di lain hari libur dapat di hitung dengan jari. Dan nikmatilah sensasi pantai pribadi.
      Biasa masuk ke pantai ini gratis dan tanpa di pungut biaya parkir, teman-teman hanya perlu membeli makanan dan minuman yang ada disana tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Akses masuk ke pantai bondo ini cukup baik dan sangat mudah karena banyak papan petunjuk arah di sepanjang jalan.
Darimanapun teman-teman datang, sampai pertigaan mlonggo ambil arah utara kemudian ikuti petunjuk arah.

3.       Pantai Bandengan



      Pantai bandengan adalah salah satu objek wisata andalan kota jepara, Dalam legenda diceritakan bahwa Putra dari Sunan Muria (Amir Hasan) hendak pergi ke Karimun Jawa untuk menimba ilmu, dalam perjalanan beliau melewati pantai dan menemukan banyak ikan bandeng sehingga desa dan pantai ini disebut Bandengan sampai sekarang. Selain terkenal dengan nama pantai bandengan orang-orang terkadang menyebutnya dengan pantai tirta samudra, tak seperti pantai bondo yang sepi dan seperti pantai pribadi, pantai bandengan sangat ramai dikunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Di tempat wisata Bandengan Beach, para pengujung dapat bermain di pinggir pantai seperti berenang, berperahu, main voli dan bersepeda mengelilingi pantai. Banyak juga fasilitas yang disedikan di kawasan pantai, diantaranya adalah tempat bilas, tempat beribadah, tempat santai dan berkumpul keluarga, dan berbagai tempat bermain anak-anak. Di tempat wisata ini juga disediakan berbagai kuliner yang dapat dinikmati para wisatawan, berbagai souvenir khas Jepara yang bisa dijadikan sebagai cindera mata. Tiket masuk ke pantai bandengaan ini cukup terjangkau yaitu Rp. 5000 dan buka dari 06.00 hingga 18.00, dan apabila ada teman-teman yang ingin menikmati liburan panjang tidak perlu khawatir karena banyak penginapan serta resto yang tersebar di sekitaran pantai.

4.       Pantai Kartini
      Pantai Kartini adalah objek wisata pantai di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju objek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Selain itu Pantai Kartini, tidak bisa lepas dari suatu acara tradisional yang disebut “Lomban”. Acara ini merupakan acara budaya masyarakat Jepara yang berlangsung selama 1 hari tepatnya pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Pantai Kartini disebut juga "Pemandian" yang terletak di bagian barat Pantai Kartini, karena pada awalnya digunakan sebagai pemandian yang dipercayai masyarakat dapat menyembuhkan penyakit rematik, gatal-gatal.

5.       Pulau Karimun Jawa


      Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun. adalah kepulauan di Laut Jawa  yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimun jawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Kepulauan Karimun jawa ini terdiri dari 27 pulau:
  • Yang berpenghuni:
    • Karimunjawa
    • Kemujan
    • Nyamuk
    • Parang
    • Genting
  • Yang tidak berpenghuni:
    • Menjangan Besar
    • Menjangan Kecil
    • Cemara Besar
    • Cemara Kecil
    • Geleyang (30 ha)
    • Burung
    • Bengkoang (92 ha)
    • Kembar (11,2 ha)
    • Katang (2,8 ha)
    • Krakal Besar (2,8 ha)
    • Krakal Kecil (2,8 ha)
    • Sintok
    • Mrican
    • Tengah
    • Pinggir
    • Cilik (2 ha)
    • Gundul
    • Seruni
    • Tambangan
    • Cendekian
    • Kumbang (8,8 ha)
    • Mencawakan.
Karimunjawa berpenduduk lebih dari 10100000 jiwa di lima pulau yang berpenghuni. Tiga suku utama yang menghuni Karimunjawa adalah suku Jawa yang bertani dan memproduksi alat kebutuhan rumah tangga, suku Bugis yang adalah pelaut andal sehingga berprofesi sebagai nelayan, dan suku Madura yang juga berprofesi sebagai nelayan tetapi memiliki kelebihan membuat ikan kering.
Pendidikan di Karimunjawa sudah menjangkau sampai tingkat SMU. Selain memiliki sekitar 10 SD (lima di Karimun, tiga di Kemujan dan masing-masing satu di Parang dan Genting), Karimunjawa juga memiliki satu SMP, Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan SMK Negeri jurusan Budidaya Rumput Laut serta Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan yang merupakan sekolah gratis, serta satu Madrasah Aliyah di Penghujan.



ransportasi paling umum digunakan untuk ke Karimunjawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, kapal Kartini I (kapal cepat) berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi ke Karimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan 2-3 jam.
Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara terdapat Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali,lama penyebrangan kapal ekonomi ini +/- 6 jam pelayaran. perlu diperhatikan untuk jadwal kapal dari pelabuhan Jepara biasanya berangkat hari selasa,kamis,sabtu jam 9 pagi dan dari karimunjawa menuju jepara rabu,jumat,minggu jam 8 pagi. jadwal ini bisa berubah sesuai dengan cuaca atau ombak di laut jawa. seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayaran, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca. Pelabuhan jepara juga bisa membawa Mobil dan motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa.
Jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat sewa jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh kurang lebih 30 menit.
Itulah beberapa wisata yang ada di kota jepara, dan dari beberapa uraian di atas hanya pulau karimun lah yang belum pernah saya singgahi. Karena terbentur waktu dan biaya , apabila ada teman-teman yang ingin menambahkan silahkan tambahkan melalui komen. Terima Kasih
                                                                 


No comments:

Post a Comment