Dapatkan Jutaan Rupiah dengan Jual-Beli Bitcoin

Thursday 19 March 2015

Blora Kota Kecil Penghasil Jati Berkualitas


Blora iya mungkin diantara teman-teman sekalian kurang tahu tentang kota kecil tempat kelahiran saya ini.Kabupaten Blora berada sekitar 127 km sebelah timur kota semarang dan berbatasan langsung dengan provinsi jawa timur.Blora adalah daerah yang panas dan sangat cocok untuk tanaman jati.Perhutani Blora, Kph Randu Blatung, Kph Cepu, yang merupakan daerah penghasil kayu jati kualitas 1 dan terbaik di Indonesia. Kayu jati yang dihasilkan sangat padat, warna dan serat kayu yang sangat indah, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.
Sebelum terjadinya penjarahan hutan jati, Kabupaten Blora memiliki hutan terluas dan merupakan komoditi unggulan,disusul lahan sawah seluas 46.186,99 hektare dan lahan tegalan (kering) seluas 26.315,34 hektare.
Potensi kayu jati yang cukup melimpah itu, mendorong tumbuh suburnya berbagai kerajinan yang memanfaatkan kayu jati sebagai bahan baku utama, seperti handycraft, seni ukir, kaligrafi, dan mebel kayu bonggol jati. Bahkan, ada wilayah yang menjadi sentra kerajinan yang memanfaatkan bonggol pohon kayu jati yang dianggap tidak bermanfaat oleh pihak Perhutani.

Samin Suku Asli Blora
    Kunjungan Presiden Jokowi di Padepokan Samin

Blora juga terkenal dengan adanya orang-orang samin yang merupakan keturunan, kerabat maupun rakyat dari seorang pejuang bernama Samin Surosentiko yang lahir pada 1859, di Desa Ploso Kedhiren, Randublatung, Kabupaten Blora. Saat masih kecil bernama Raden Kohar yang merupakan seorang Pangeran atau Bangsawan yang menyamar di kalangan rakyat pedesaan dan ingin menghimpun kekuatan dari rakyat bawah guna melawan Pemerintah Kolonial Belanda.

3 comments: