Dapatkan Jutaan Rupiah dengan Jual-Beli Bitcoin

Thursday 21 September 2017

Jalur Sapuangin, Sensasi Pendakian Baru di Merapi Dengan Jalur Ekstream

jalur pendakian sapuangin yang ekstream

Halo sahabat sekalian, kalian yang hoby mendaki gunung pasti sudah dengar kan kalau pihak Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) membuka jalur pendakian baru nih yaitu jalur sapuangin di Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Dahulu ada beberapa jalur
pendakian di merapi tetapi setelah beberapa erupsi, jalur pendakian yang tersisa hanya dua, yakni jalur Selo, Boyolali, Jawa Tengah dan Kinah Rejo, Sleman, Yogyakarta, Setelah erupsi Merapi pada 2006 dan 2010, jalur pendakian Kinah Rejo ditutup. Jalur pendakian Kinah Rejo ditutup karena tidak kondusif. Jadi, otomatis hanya ada satu jalur, yaitu jalur selo.
jalur sapuangin di buka pada mei 2017

Jalur pendakian yang di buka bulan Mei 2017 ini memiliki jalur pendakian yang lebih panjang, tetapi meskipun begitu jalur ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Kota jogja tampak begitu indah di atas ketinggian dan hal ini membuat pendakian terasa lebih seru. Gunung merapi adalah gunung api yang masih aktif yang di kelola oleh Taman Nasional karena itu sebagai pendaki yang menikmati indahnya pegunungan sebaiknya mengurangi kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan.
Sebenarnya jalur sapuangin sudah banyak dilalui oleh para pendaki sejak 2016 tetapi dalam jumlah yang sedikit hal ini di sebabkan oleh jalur yang ekstream dan trek yang masih tertutup sangat menyulitkan pendakian, berbagai kegiatan camping maupun pengukuhan komunitas pecinta alam telah banyak di lakukan di sapuangin tetapi pendakian sampai puncak masih di tutup.
spot pendirian tenda di batasi

Untuk menuju basecamp sapuangin sangat mudah, hampir semua orang memiliki gadged kan? Nah tinggal search saja di google map “basecamp merapi sapuangin” maka kamu akan diarahkan ke Basecamp jalur sapuangin. Basecamp sapuangin cukup nyaman dilengkapi dengan toilet bersih, warung kopi lesehan, tempat istirahat lesehan dan parkir yang luas.

TARIF
Retribusi TNGM : Rp 11.000/orang
Parkir motor inap: Rp 5000
Parkir motor tidak inap: Rp 2000
Kopi panas: Rp 3500
Gorengan: Rp 500

jalur pendakian yang cukup ekstream

Bagi kalian pecinta jalur yang ekstream rasanya sangat cocok untuk menggunakan jalur ini, Panjang jalur adalah 3x medan pendakian via New Selo. Jalur awal berupa hutan landai dan beberapa trek naik 90 derajat. Selanjutnya adalah trek dengan kanan-kiri jurang dengan kedalaman 200-500 meter dipenuhi dengan semak-semak setinggi 1 meter. Sebelah kiri jalur adalah “Kali Woro” yang merupakan salah satu tampat aliran lahar dan jurang. Panjang jalur total dari basecamp hingga Pasar Bubrah adalah 5,4 km. Tiap 100 m kita akan menemui patok atau penanda yang dibuat dari pipa, totalnya ada 54 (berarti 5400 meter). Karena spot pendirian tenda yang di batasi hanya 20-30 orang per hari saja pendakian yang diizinkan untuk itu bagi kalian yang ingin merasakan pendakian merapi yang lebih ekstream ayo segera coba track baru ini.
Begitulah sedikit informasi mengenai jalur pendakian Sapuangin merapi semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment