Dapatkan Jutaan Rupiah dengan Jual-Beli Bitcoin

Saturday 4 April 2015

Tanpa Pohon Apakah Bisa Hidup?



Terkadang kita tidak berfikir terhadap kehidupan pohon,padahal sebenarnya pohon tersebutlah yang memberikan kita sumber makanan selama ini,bagaimana bisa?.
Pohon selain melakukan pernapasan (respirasi) dengan menyerap oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2) juga melakukan proses fotosintesis, yaitu proses pembentukan atau produksi karbohidrat dengan menyatukan air dan karbondioksida pada jaringan
tumbuhan yang mengandung klorophyl (butir hijau daun) dan dengan bantuan sinar matahari.
Secara kimia proses fotosintesis dapat dinyatakan sebagai berikut :
                                      energi
                                              cahaya matahari
6H2O  +  6CO2                                                        C6H1206   +    602 
air     karbondioksida    jaringan berisi klorofil        karbohidrat      oksigen
                                                                                                                          
          


Pernahkan      anda    menyadari,    bahwa       proses  fotosintesis merupakan proses kimia satu-satunya di bumi yang sangat penting karena menjamin kelangsungan hidup seluruh mahluk hidup di muka bumi ini.  Untuk memahaminya silahkan anda simak uraian berikut.
Pertama; kita tidak dapat menyangkal bahwa makanan manusia dan seluruh binatang tergantung baik langsung maupun tidak langsung kepada makanan yang dibuat tumbuhan dalam hal ini adalah tumbuhan autotrof.
Tahukah anda apa yang dimaksud dengan tumbuhan autotrof ?
Tumbuhan autotrof adalah tumbuhan yang dapat menyusun zat makanannya sendiri dengan menggunakan energi.  Kalau begitu tentu ada tumbuhan yang tidak dapat menyusun zat makanannya sendiri ?  Tumbuhan yang tidak dapat menyusun zat makanannya sendiri disebut tumbuhan heterotrof..
Selain tumbuhan heterotrof, di sekitar kita juga dapat dijumpai hewan. Menurut pendapat Anda apakah hewan dapat menyusun zat makanannya sendiri ? Jawabannya tentu tidak. Oleh karena itu hewan bersifat heterotrof. Tumbuhan heterotrof dan hewan biasa kita namakan organisme heterotrof, yaitu organisme yang tidak dapat menyusun zat makanannya sendiri untuk kebutuhan hidupnya.
Coba anda perhatikan mahluk hidup di sekitar anda seperti benalu, kambing, kucing, ayam, anjing, burung dan lain-lain.  Apakah mahluk-mahluk hidup tersebut bisa menyusun zat makanannya sendiri.  Sekarang kita perhatikan benalu.  Benalu mempunyai daun yang berwarna hijau, tetapi benalu tidak mempunyai akar sehingga tidak bisa menyerap air dan hara mineral dari dalam tanah.  Benalu menyerap air dan hara mineral dari tumbuhan yang ditumpanginya.  Oleh karena itu benalu digolongkan tumbuhan heterotrof.  Silahkan anda mencari tumbuhan lain yang termasuk tumbuhan heterotrof.
Selanjutnya kita perhatikan hewan.  Kita ambil contoh kelinci.  Bisakah kelinci menyusun zat makanannya sendiri.  Kelinci tidak bisa menyusun zat makanannya sendiri.  Untuk hidupnya kelinci memakan tumbuh-tumbuhan.  Hewan pemakan tumbuhan dinamakan herbivora.
Selain hewan pemakan tumbuhan, kita juga mengenal hewan pemakan daging yang disebut karnivora.  karnivora sama dengan herbivora, tidak bisa menyusun zat makanannya sendiri.  Yang termasuk hewan ini antara lain harimau dan serigala.
Kita juga mengenal adanya hewan pemakan segala jenis makanan artinya bisa memakan tumbuhan ataupun hewan.  Hewan demikian dinamakan Omnivora.  Contoh kelompok ini adalah ayam dan itik.  Coba anda amati dan catat jenis hewan di sekitar anda yang termasuk kelompok herbivora, carnivora dan omnivora.
Nah, dari uraian di atas kita bisa lebih memahami bahwa makanan manusia dan binatang sangat tergantung pada tumbuhan sebagai produsen atau pembuat makanan.  Dan langkah pertama dalam pembuatan makanan adalah fotosintesis.
Jadi kesimpulannya adalah semua makhluk hidup di dunia ini tidak dapat hidup tanpa pohon,dan kenapa kita masih seenaknya saja menebang pohon secara besar-besaran? Ini sebagai bahan renungan untuk kita.

No comments:

Post a Comment