Dapatkan Jutaan Rupiah dengan Jual-Beli Bitcoin

Thursday 2 July 2015

4 Cara Mudah Menanam Pohon Dengan Persentase Hidup 98 %






Kegiatan menanam memang terkesan gampang dan sepele,tetapi apabila tidak dilakukan dengan benar akan membuat tanaman tidak tumbuh dengan maksimal dan akhirnya akan terjadi kematian.
Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menanam pohon
.

11.    Jenis Tanaman
j    
pemilihan jenis tanaman dan jenis tanah sangatlah penting


     Hal ini perlu diperhatikan sebelum melakukan kegiatan penanaman, kenapa? Karena tidak semua tanaman cocok untuk ditanam di suatu daerah,misalnya pohon jati yang cocok ditanam didaerah panas tidak mungkin ditanam di daerah dingin,mungkin tanaman jati tersebut akan hidup dan tumbuh besar tetapi kualitas kayu pasti akan berkurang.

22.     Lubang Tanam
lubang tanam yang sering diabaikan

      Lubang tanam sebaiknya dibuat sehari sebelum dilakukan penanaman,hal ini dilakukan agar suhu udara di dalam dan di atas permukaan stabil,sehingga mengurangi stres pada tanaman yang akan ditanam.Lubang tanam yang dibuat berukuran 20 x 20 cm dengan kedalaman 30-40 cm (sesuaikan dengan media tumbuh dan perakarannya).Jangan lupa memberi pupuk kandang agar membantu hara media tanaman.

33.   Cara Penanaman
       
contoh cara penanaman dengan lubang tanam 30x30


Bibit yang akan ditanam terlebih dahulu dilepaskan dari polybag,hati-hati jangan sampai media tumbuh rusak agar tanaman mudah menyesuaikan dengan lingkungan baru.Jangan lupa saat menutup bibit dengan tanah upayakan top soil (tanah bagian atas) diletakkan di bawah,karena mengandung banyak zat hara yang tentunya diperlukan untuk tanaman.Bibit juga harus berdiri tegak agar pertumbuhan tanaman baik.

44.  Waktu Penanaman
     
waktu menenam yang baik adalah pagi hari


Pelaksanaan penanaman hendaknya dilakukan pada pagi hari dan sore hari,yaitu pada jam 07.00 - 09.00 dan 16.00  - 18.00.Hal ini dilakukan karena pada saat itu suhu dipermukaan tanah sedang stabil sehingga mengurangi stres pada tanaman.Apabila tidak bisa dilakukan pada saat itu berilah naungan pada tanaman agar tidak membakar zat hijau daun (klorofil) yang menyebabkan tumbuhan tidak dapat berfotosintesis dan akhirnya mati.

Nah itulah sedikit tips dari saya bagaimana cara menanam dengan baik dan benar. budaya menanam pohon sangat penting dilakukan karena hal ini juga untuk kepentingan kita bersama, agar lingkungan kita menjadi hijau dan asri.


No comments:

Post a Comment