Dapatkan Jutaan Rupiah dengan Jual-Beli Bitcoin

Wednesday 18 March 2015

Lestarikan Orang Utan Satwa Asli Indonesia


Orang Utan

Orang utan adalah satwa endemik dari indonesia tepatnya di daerah Sumatra dan Kalimantan,orang utan adalah kerabat dekat manusia dimana tingkat kesamaan DNA orang utan dan manusia adalah 96,4%.Orang utan juga memiliki indra yang sama dengan manusia yaitu pengelihatan,penciuman,peraba,pendengaran dan pengecap.
Orang utan memiliki badan yang besar dibandingkan dengan primata lainnya,tangan yang panjang serta kaki yang pendek dan kuat tanpa ekor.
Orang utan biasanya melahirkan pada usia 7-11 tahun masa mengandungnya juga hampir sama dengan manusia yaitu 8-9 bulan,dan bayi mereka bisa hidup mandiri pada umur 6-7 tahun.Ketergantungan terhadap induk yang sangat lama dibandingkan dengan primata lain.
Orang utan adalah hewan semi soliter,biasanya pejantan dari orang utan hidup sendiri dan betinanya hanya ditemani anaknya,tidak seperti kera besar lainnya yakni simpanse dan gorila yang menghabiskan hidupnya ditanah,Orang utan cenderung menghabiskan hidupnya di pohon.

Ancaman terbesar

Ancaman terbesar kelangsungan hidup orang utan adalah manusia.Banyaknya hutan yang berubah menjadi lahan sawit menggang habitat dari orang utan tersebut akibatnya banyak orang utan yang masuk ke lahan sawit.
Orang utan yang dianggap hama akhirnya diburu dan ada juga kabar yang sampai dimasak menjadi rendang.Sadis bukan saya bahkan tidak bisa membayangkan.
Untuk itu ayo mari kita lestarikan orang utan agar tetap menjadi satwa endemik Indonesia kita ini.

No comments:

Post a Comment