Dapatkan Jutaan Rupiah dengan Jual-Beli Bitcoin

Sunday 22 March 2015

Demam Batu Akik dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan

Demam batu akik,ya mungkin bisa disebut seperti itu,akhir-akhir ini batu akik menjadi sangat fenomenal dengan harganya yang sangat fantastis.Bukan hanya orang dewasa saja anak-anak muda juga banyak yang menggandrungi perhiasan yang berasal dari batu alam ini.Memang sekarang ini industri batu akik masih dalam skala rumahan tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi penambangan besar-besaran.Tentu saja hal itu akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan.

Bencana yang bisa terjadi dikemudian hari:

1.Tanah Longsor
Pengambilan batu akik memang awalnya dari permukaan saja,tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadinya penambangan besar-besaran dan tentunya akan mempengaruhi struktur dan kontur tanah.Sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor.Penggalian akan meluas membentuk terowongan-terowongan di dalam tanah. Sumber-sumbernya perhiasan alam ini pun sering kali berada di lahan miring. Pada akhirnya, kehilangan lapisan batuan akan mengurangi kekuatan tanah untuk menopang dirinya, apalagi saat hujan bahkan gempa Bumi.

2.Merusak Sumber Air
Disetiap tempat tidak pasti ditemukan batu akik,dan setelah penggalian tersebut lahan tersebut tidak dikembalikan seperti semula.Dan itu pasti akan berpengaruh terhadap lanskape alam dan tentunya akan berpengaruh terhadap sumber air.

Dengan mempertimbangkan dampak yang akan terjadi sebaiknya pengambilan batu akik tidak dilakukan secara besar-besaran.Dan dari pihak pemerintah harusnya juga memberi batasan  terhadap pengambilan batu akik sehingga tidak terjadi eksploitasi besar-besaran.


No comments:

Post a Comment